Hak Cipta


Pendahuluan

Apa itu Lisensi Creative Commons? apa itu Domain Publik? apa itu Copyleft? apa itu GFDL? apa itu Lisensi?

Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh pengguna media, pemerhati ciptaan, maupun kontributor di proyek Wikimedia Foundation (Wikipedia, Wikimedia Commons, Wikibook, dll). Disini, Ancha Astronomi akan menjelaskannya

Kita mulai dulu dari Copyleft, yaitu perangkat lunak atau karya artistik yang dapat digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan secara bebas dengan syarat bahwa apa pun yang berasal darinya terikat oleh kondisi yang sama. (Definisi menurut Google Search)

Artinya, jika ada ketentuan tertentu (Misal harus diberi kredit) dalam penggunaanya, maka mereka yang menggunakan, memodifikasi, dan mendstribusikan karya atau perangkat lunak maka mereka harus mentaati ketentuan tersebut.

Apa itu Lisensi?, yaitu perizinan resmi untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan sesuatu seperti media-media (foto, video, audio).

GFDL (GNU Free Documentation License) itu adalah lisensi Copyleft yang dikembangkan oleh FSF (Free Software Foundation) dan diterapkan pada proyek-proyek GNU (kayak sistem operasi Linux). Diterbitkan secara resmi pada tahun 2000.

Creative Commons adalah sebuah organisasi nirlaba (tidak mencari keuntungan) yang memfokuskan dirinya untuk membantu para pembuat karya kreatif meperluas cakupan karyanya yang tersedia untuk orang lain agar dapat digunakan secara legal dan telah memiliki perizinan.

Organisasi ini telah menerbitkan Lisensi untuk media-media yang selalu diterapkan di proyek Wikimedia Foundation yang bernama Lisensi Creative Commons (Sering disingkat sebagai CC). Semua orang boleh menggunakan Lisensi ini, termasuk saya.

Lisensi-lisensi ini membatasi atau bahkan membebaskan hak pencipta atas karyanya sehingga penyebaran karya tersebut lebih mudah. (Wikipedia)

Lisensi CC yang paling terbuka adalah CC-BY dan Lisensi CC yang paling tertutup adalah CC-BY-NC-ND

Domain Publik adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa suatu konten sangat bebas dari pembatasan hak cipta dan tidak dilindungi oleh UU Hak Cipta. Konten yang barada dalam Domain Publik akan menjadi warisan oleh publik

Untuk materi dari Ancha Astronomi

Sebelum tanggal 4 Februari 2018, semua konten yang dibuat oleh Ancha Astronomi merupakan Hak Cipta.

Sekarang, pada tanggal 4 Februari 2018, Ancha Astronomi telah melisensikannya dibawah lisensi Creative Commons. Berikut ini adalah properti-properti yang dilisensikan :

  1. Semua konten (berupa isi teks artikel) dan gambar ilustrasi maupun diagram yang diproduksi oleh Ancha Astronomi dilisensikan dibawah CC-BY 4.0
  2. Screenshot tampilan situs web Ancha Astronomi dilisensikan dibawah CC-BY-NC-SA 4.0
  3. Karya foto-foto astronomi dari Ancha Astronomi dilisensikan dibawah CC-BY 4.0

Apa artinya untuk nomor 2 ?

Pertama, Kamu boleh menggunakan screenshot astronomi Ancha Astronomi, tapi harus memberi atribusi / kredit (atau pembuatnya), yaitu :

Adhiansyah Ancha (Ancha Astronomi)

Kedua, Jika kamu ingin membagikan karya foto-foto astronomi Ancha Astronomi ke orang lain, pastikan kamu juga sediakan kreditnya dan dilisensikan dibawah lisensi tersebut

Ketiga, Dilarang membuat screenshot Ancha Astronomi untuk keperluan komersial

Keempat, Jika tidak disertakan kredit, maka itu merupakan pelanggaran hak cipta

Semua ini berlaku untuk :

  1. Publikasi blog / web (nonkomersial, edukasi, saintifik)
  2. Penggunaan di dokumen PDF maupun DOC
  3. Penggunaan di buku-buku (beritahu aku di Kontak)
  4. Penggunaan di Wikimedia Commons / Wikipedia
  5. Dibagikan di media sosial

Untuk yang nomor 5, ikuti panduan ini :

  1. Dilarang dibagikan di Facebook, karena sudah ketentuan dari Ancha Astronomi
  2. Di Instagram, ganti (Ancha Astronomi) dengan (@adhiansyahancha)

Untuk materi dari Lembaga Astronomi atau Antariksa yang berada di Ancha Astronomi

Dan perhatikan juga foto-foto dari Lembaga Astronomi atau Antariksa :

  1. Foto-foto yang diproduksi dari Teleskop Hubble oleh NASA berada dalam Publik Domain, kecuali dinyatakan lain.
  2. Foto-foto yang diproduksi dari Teleskop Hubble oleh ESA (sejak tahun 2009) berada dalam CC-BY 3.0 (dengan mengatribusi kepada “ESA/Hubble”).
  3. Foto-foto yang diproduksi dari Teleskop Hubble oleh ESA (sebelum pembaruan hak cipta pada tahun 2009) berada dalam Publik Domain.
  4. Sebagian dari foto-foto di NASA APOD ada yang berhak cipta.
  5. Foto-foto yang diproduksi dari Teleskop Hubble tanpa dirilis bersama STScI mungkin berhak cipta.
  6. Foto-foto dari SDSS kini telah dilisensikan dibawah CC-BY dengan syarat menyediakan linknya (SDSS).